Pembangunan Saluran Drainase Selama Tahun 2016

Pembangunan Saluran Drainase

Sebelumnya Desa Gintung Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang belum memiliki saluran drainase yang terbilang memadai. Di sepanjang jalan raya utamanya saja belum dilengkapi dengan drainase yang permanen. Yang ada hanyalah parit-parit kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Tidak adanya drainase menyebabkan aspal jalan cepat rusak akibat genangan air. Genangan air pada parit pun sering terjadi di musim hujan akibat saluran yang mengecil maupun endapan lumpur pada gorong-gorong. Selain itu parit-parit tersebut acap ditumbuhi tanaman semak-semak yang menambah tidak sedapnya pemandangan.

Maka untuk mewujudkan lingkungan yang asri dan bersih serta dukungannya terhadap pemeliharaan jalan raya, pemerintah Desa Gintung melalui Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan Panitia Pengelola Kegiatan (PPK) Desa Gintung merencanakan dan melaksanakan pembangunan saluran drainase di sepanjang jalan raya. Bisa dilihat pada tabel di bawah Pekerjaan Saluran Drainase yang telah dilaksanakan selama tahun 2016. Setiap pekerjaan tersebut diketahui oleh Kepala Desa Gintung Bapak Rijono selaku Penanggungjawab Umum dan disahkan oleh Kepala UPPU Wilayah VI Comal Bapak Jajuri, S.T.

Pembangunan Saluran Drainase dilakukan melalui 4 (empat) tahapan yakni Pekerjaan Persiapan, Galian Tanah, Pasang Pondasi Batu Kali, dan Plesteran. Tahapan-tahapan tersebut sudah dijadwalkan dalam lembar Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan oleh Panitia Pengelola Kegiatan (PPK) Desa Gintung yang diantaranya Zaenal Arifin selaku Ketua, Agus Sutrisno selaku Sekretaris, dan Teko Suparto selaku Anggota.

Pembangunan Saluran Drainase Selama Tahun 2016 Di Desa Gintung
Tahun Lokasi Dimensi
(P x L x T)
Bahan Lama Pekerjaan
(minggu)
Biaya
(Rp)
2016 RT 16-17 / 03 265 x 0,3 x 0,4 m Batu belah, Portland Cement, pasir pasang 11 111.920.000
2016 RT 07-09 / 02 230 x 0,3 x 0,4 m Batu belah, Portland Cement, pasir pasang 11 97.139.000
2016 RT 11 / 02 102 x 0,6 x 0,6 m Batu belah, Portland Cement, pasir pasang 11 43.188.000
2016 DUSUN II 160 x 0,6 x 0,6 m Batu belah, Portland Cement, pasir pasang 11 97.245.000

 

Foto-foto pembangunan saluran drainase di Desa Gintung tahun 2016 :

 

Pemeliharaan Saluran Drainase

Pembangunan saluran drainase saja belum lengkap tanpa partisipasi masyarakat dalam memelihara keberadaan saluran-saluran tersebut. Pemeliharan tersebut mencakup tindakan pencegahan, pembersihan, dan renovasi terhadap faktor-faktor gangguan dan kerusakan terhadap saluran drainase. Faktor-faktor gangguan antara lain sampah dan endapan lumpur yang harus dibersihkan dari saluran dan gorong-gorong. Faktor-faktor kerusakan antara lain beban-beban yang dapat meruntuhkan dinding-dinding saluran. Kendaraan berat yang diparkir di sepanjang saluran drainase dapat menjadi beban bagi dinding saluran dan berakibat runtuhnya dinding tersebut sehingga terjadi penyempitan saluran pada area tersebut. Usaha-usaha pemeliharaan yang telah dilakukan selama ini adalah pembersihan saluran dari sampah dan endapan lumpur baik yang dilakukan atas inisiatif masyarakat secara perorangan maupun dalam bentuk gotong-royong yang diadakan di RT/RW masing-masing oleh pengurus setempat.

BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi rakyat jadi upaya optimalisasi #DanaDesaTekanKetimpangan. Pastikan BUMDes di tempatmu memberdayakan potensi desa!

Tinggalkan Balasan