Media Sosial Lokal

Menurut Wikipedia, Media Sosial didefinisikan sebagai sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Didukung oleh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang telah cukup memadai baik infrastruktur maupun layanannya di Kabupaten Pemalang ini, masyarakat Kabupaten Pemalang dewasa ini dari berbagai lapisan telah tersentuh oleh media sosial. Sudah banyak blog dan paguyuban jejaring sosial yang dibangun secara swakarsa oleh masyarakat Kabupaten Pemalang dalam mencurahkan kreativitas, aspirasi, dan motivasi. Sudah banyak kreativitas yang muncul dalam berbagai karya isi/konten seperti konten pariwisata, UMKM, dan kegiatan komunitas-komunitas di Pemalang. Penyaluran aspirasi yang dikemas dalam sebuah blog maupun kiriman dan komentar di jejaring sosial. Masyarakat pun kini sudah semakin mudah dalam menawarkan maupun mencari barang dan jasa. Sudah banyak paguyuban di jejaring sosial yang dibangun secara khusus untuk tujuan tersebut baik untuk kalangan di dalam Kabupaten Pemalang maupun wilayah di sekitar Kabupaten Pemalang.

Di Desa Gintung Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang sendiri, sudah terdapat jejaring sosial yang dibangun secara swakarsa oleh warga Desa Gintung. Menggunakan jejaring sosial Facebook, mereka membangun grup/paguyuban yang bernama “Desa Gintung Berkarya”. Para pengurusnya pun mereka yang sudah cukup aktif di komunitas yang ada di Kabupaten Pemalang seperti Cah Comal Community (C3). Grup ini telah menghubungkan warga Desa Gintung secara online dan konten kiriman-kirimannya pun cukup beragam mulai dari pengumuman, aktivitas, humor, pengalaman, curahan hati, aspirasi, berita terkini, tips dan trik, info-info kesehatan, keluhan, dan sebagainya. Para anggotanya ada yang sudah saling mengenal maupun belum juga dari berbagai lapisan usia dan mata pencaharian.

Berikut adalah paguyuban jejaring sosial yang terdapat di Desa Gintung :

Paguyuban Desa Gintung Berkarya di jejaring sosial Facebook

Berikut paguyuban-paguyuban jejaring sosial yang terdapat di Kabupaten Pemalang :

Paguyuban Cah Comal Community di jejaring sosial Facebook

Paguyuban Cah Comal Community (C3), merupakan paguyuban lintas usia dan profesi masyarakat Comal dan sekitarnya baik warga asli, warga asli di perantauan, warga pendatang baru, atau warga asli yang menjadi TKI di luar negeri. Paguyuban ini memiliki sejumlah agenda seperti Kopi Darat (Kopdar) para anggotanya di berbagai daerah, bakti-sosial, diskusi, pertemuan, halal-bi-halal, berpartisipasi dalam acara-acara di Kecamatan atau Kabupaten, dan lain sebagainya. Visi dan Misi serta peraturan di dalam paguyuban ini tertera dengan jelas pada Info Paguyuban.

Paguyuban Pusat Berita Pemalang di jejaring sosial Facebook

Paguyuban Pusat Berita Pemalang, merupakan paguyuban lintas usia dan profesi warga Kabupaten Pemalang baik warga asli, warga asli di perantauan, warga pendatang baru, warga asli yang menjadi TKI di luar negeri, ataupun pemerhati Kabupaten Pemalang. Para anggotanya biasa membuat kiriman tentang peristiwa, pariwisata, pengalaman, pertanyaan, diskusi, dan foto-foto terbaru di seputar Kabupaten Pemalang. Agenda-agenda yang pernah dilakukan diantaranya Gerakan Anti Hoax, Kegiatan Donor Darah, Lomba Kreativitas, Promosi UMKM Lokal, Kopi Darat (Kopdar) pengurus dan anggota, dan lain-lain. Visi dan Misi serta peraturan di dalam paguyuban ini tertera dengan jelas pada Info Paguyuban.

Paguyuban Pemalang Facebook Community di jejaring sosial Facebook

Paguyuban Pemalang Facebook Community, merupakan paguyuban lintas usia dan profesi warga Kabupaten Pemalang baik warga asli, warga asli di perantauan, warga pendatang baru, warga asli yang menjadi TKI di luar negeri, ataupun pemerhati Kabupaten Pemalang. Para anggotanya biasa membuat kiriman tentang peristiwa, pariwisata, pengalaman, pertanyaan, diskusi, dan foto-foto terbaru di seputar Kabupaten Pemalang. Visi dan Misi serta peraturan di dalam paguyuban ini tertera dengan jelas pada Info Paguyuban.

Paguyuban Wisata Kabupaten Pemalang di jejaring sosial Facebook

Paguyuban Wisata Kabupaten Pemalang, merupakan paguyuban lintas usia dan profesi warga Kabupaten Pemalang baik warga asli, warga asli di perantauan, warga pendatang baru, warga asli yang menjadi TKI di luar negeri, ataupun pemerhati/peminat pariwisata di Kabupaten Pemalang. Sesuai namanya, paguyuban ini memfokuskan diri pada tempat-tempat dan kegiatan pariwisata di Kabupaten Pemalang. Para anggotanya biasa membuat kiriman tentang kunjungan, pengalaman, kegiatan di tempat-tempat wisata di Pemalang. Visi dan Misi serta peraturan di dalam paguyuban ini tertera dengan jelas pada Info Paguyuban.

 

 

Pranala Luar

Tinggalkan Balasan