Rakor dan Musyawarah Desa Mengenai Rencana Pembangunan Desa Tahun 2018

Pada hari Jumat, 28 Juli 2017 diadakan Rapat Koordinasi dan Musyawarah Desa mengenai Rencana Pembangunan Desa Tahun 2018 yang dilaksanakan dari pukul 20.30 hingga 23.00 WIB. Rakor dan Musdes ini mengundang segenap anggota BPD, LPMD, PKK, dan pengurus Lembaga Lainnya Desa Gintung; perangkat desa serta ketua RT dan RW; tokoh masyarakat, agama, dan pemuda; Babinkamtibnas/Babinsa. Selaku pembicara dan moderator adalah sebagai berikut:

  1. Kasi PMD Kecamatan Comal
    Bapak MAKMUR, S.IP;
  2. Pendamping Desa Kabupaten Pemalang
    Bapak SETIA PAMBUDI, S.P;
  3. Kepala Desa Gintung
    Bapak RIJONO;
  4. Ketua BPD Desa Gintung
    Bapak TASURI, S.Pd;
  5. Moderator
    Ibu ERI HARJANTI.

Berikut adalah susunan acaranya:

  1. Penyampaian materi Rakor dan Musdes oleh Bapak RIJONO selaku Kepala Desa Gintung;
  2. Pendalaman materi Rakor dan Musdes oleh Bapak MAKMUR, S.IP selaku Kasi PMD Kecamatan Comal;
  3. Pengayaan materi Rakor dan Musdes oleh Bapak SETIA PAMBUDI, S.P selaku Pendamping Desa Kabupaten Pemalang;
  4. Musyawaran dan Usulan-Usulan Rencana Pembangunan Desa Tahun 2018 yang dipimpin oleh Bapak TASURI, S.Pd selaku Ketua BPD;
  5. Pembacaan Usulan-Usulan Masing-Masing Kadus mengenai Rencana Pembangunan Desa Tahun 2018 oleh Bapak TASURI, S.Pd;
  6. Pertanyaan dan Usulan dari undangan yang hadir;
  7. Penutupan Rakor dan Musdes.

Berikut materi Rakor dan Musdes yang disampaikan oleh Bapak Rijono selaku Kepala Desa Gintung:

  1. Pergelaran Rangkaian Bulan Kemerdekaan HUT RI Ke-72 di Desa Gintung
    Pelaksanaan bulan bersih dalam menyambut HUT Kemerdekaan dengan menciptakan K3 (Kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan) di wilayah Desa Gintung diantaranya dengan mengadakan kerja bakti, pemasangan bendera dan umbul-umbul, kebersihan swadaya di kantor dan rumah tangga masing-masing. Juga beraneka macam lomba dan acara yang akan diadakan di Desa Gintung.
  2. Kelanjutan Program Desa Gintung Menuju Desa ODF
    ODF (Open Defecation Free) secara harfiah berarti terbebas dari buang air besar terbuka/sembarangan atau BABS. Sehingga yang disebut Desa ODF adalah desa yang 100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat. Di tahun 2018 ini Desa Gintung masih tersisa sejumlah rumah warga yang belum memiliki jamban yang sehat karena belum mendapat bantuan dari desa. Atau verifikasi kembali kelayakan bantuan fasilitas jamban yang telah dilaksanakan karena masih didapati perilaku BABS pada warga-warga yang telah mendapat bantuan jamban.
  3. Mengaktifkan BUMDes yang selama ini masih belum berjalan dan bahkan belum memiliki badan usahanya. BUMDes adalah Badan Usaha Milik Desa dan usaha-usaha yang akan dikelola oleh BUMDes ini diantaranya Lumbung Desa dan BKD (Badan Kredit Desa). BUMDes dijalankan oleh pengurus yang diambil dari warga Desa Gintung non PNS serta memiliki keahlian dalam manajemen usaha, menguasai usaha pertanian dan perkreditan desa, dan memiliki waktu yang cukup untuk melaksakanan fungsi BUMDes ini.
  4. Kelanjutan dari Program K3 (Kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan), Desa Gintung mencanangkan keaktifan warga dalam kegiatan siskamling guna terwujud lingkungan yang aman dan tertib. Gardu-gardu siskamling sudah dibangun di semua dusun yaitu Dusun I, Dusun II, dan Dusun III. Untuk Dusun I dan III aktivitas siskamling terpantau telah aktif. Hanya saja untuk Dusun II, terpantau kegiatan siskamlingnya belum aktif. Dihimbau kegiatan siskamling harus sudah dilaksanakan di semua dusun.
  5. Mensukseskan program pemerintah Imunisasi Campak dan Rubella atau yang disebut juga dengan Imunisasi MR (Measles Rubella) bagi balita/anak-anak/remaja berusia 9-59 bulan serta 60 bulan-15 tahun kurang sehari. Kegiatan imunisasi ini akan digelar pada bulan Agustus – September 2017 di sekolah-sekolah dan posyandu.
  6. Menentukan Produk Unggulan dari Desa Gintung. Agar Desa Gintung memiliki competitive advantage (keuntungan daya saing) diantara desa-desa di sekitarnya maka perlu ada dukungan terhadap produk-produk unggulan desa. Diharapkan produk unggulan ini bisa menembus berbagai pangsa pasar dan memberikan peluang ekonomi yang potensial bagi masyrakat Desa Gintung.
Ketua BPD, Bapak TASURI, S.Pd sedang membacakan usulan masing-masing kadus mengenai rencana pembangunan desa tahun 2018 di dusun mereka masing-masing setelah diberikan waktu 15 menit untuk membuat usulan-usulan tersebut secara musyawarah.

 
 

Redaksi : 290717/GTG-CML/01

BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi rakyat jadi upaya optimalisasi #DanaDesaTekanKetimpangan. Pastikan BUMDes di tempatmu memberdayakan potensi desa!

Tinggalkan Balasan