Donor Darah Sukarela di Balai Desa Gintung

Hari ini, Sabtu, 05 Agustus 2017 di Balai Desa Gintung diadakan kegiatan Donor Darah Sukarela atau disingkat dengan DDS oleh Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pemalang yang berkantor di Jl. Gatot Subroto No. 78 Pemalang. Tujuan utama kegiatan DDS ini sudah barang tentu untuk menjaga ketersediaan stok darah PMI. Tetapi tahukah Anda bahwa dengan mendonorkan darah Anda bukan hanya bermanfaat bagi si penerima donor tetapi juga bermanfaat bagi si pendonor darah itu sendiri. Donor darah secara rutin dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung, stroke, cholesterol tinggi dan penyempitan pembuluh darah.

Kegiatan Donor Darah Sukarela ini dilakukan tiga bulan sekali. Adapun hasil penggalangan kantong-kantong darah akan diserahkan ke rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kabupaten Pemalang baik milik pemerintah maupun swasta. Begitu menurut Perwakilan PMI Cabang Pemalang, Bapak Sofa, yang saat itu sedang mendata para pendonor darah sebelum dilakukan tes syarat kesehatan. Beliau cukup senang melayani para pendonor darah. Pengabdiannya di PMI sudah cukup makan asam garam. Dimulai dari tahun 1990 di PMI Serbaguna Brebes kemudian dari tahun 2004 hingga sekarang di PMI Cabang Pemalang. Para petugas dari PMI berjumlah 6 orang. Bapak Sofa dan seorang petugas wanita di bagian pendataan dan tes syarat kesehatan. Kemudian dua petugas, laki-laki dan perempuan di bagian pengambilan darah. Satu petugas wanita di bagian konsumsi.

Untuk menarik minat masyarakat serta sebagai tanda mata, PMI menyediakan suvenir kaos PMI kepada mereka yang sudah 10 kali melakukan donor darah. Setiap kali pendonor ikutserta dalam kegiatan DDS ini, data-datanya tercatat dengan baik oleh PMI dan data setiap pendonor diidentifikasi oleh kartu peserta donor darah. Bagi pendonor darah yang belum memiliki kartu peserta donor darah akan langsung diberikan setelah melakukan donor. Selain suvernir juga peserta donor darah dibagikan kupon doorprize yang diundi setahun sekali. PMI juga memberikan konsumsi setelah peserta melakukan donor untuk menambah gizi seperti susu dan roti.

Berikut ini adalah tata-pelaksanaan DDS di Balai Desa Gintung:

  1. Calon pendonor darah mendaftarkan diri sebagai pendonor darah dengan menjawab pertanyaan petugas tentang data pribadi dan riwayat kesehatan. Calon pendonor yang diterima berusia 17 hingga 65 tahun dengan riwayat kesehatan tidak menderita diabetes, kanker, penyakit jantung dan paru-paru, tekanan darah tinggi, epilepsi/sering kejang-kejang, sifilis, hepatitis B dan/atau C, kelainan darah, tidak memiliki resiko tinggi HIV/AIDS, tidak kecanduan minuman keras;
  2. Pemeriksaan berat badan. Minimal berat badan yang diperbolehkan adalah 45 kg;
  3. Pemeriksaan tensi darah. Yang diperbolehkan tekanan darah sistole 100-170 dan diastole 70-100;
  4. Pemeriksaan golongan darah. Wajib dilakukan setiap kali mendonorkan darah;
  5. Mendapatkan kartu peserta donor darah;
  6. Pengambilan darah dengan peralatan yang aman dan steril dan dilakukan oleh petugas yang berpengalaman;
  7. Mendapatkan konsumsi dan kupon doorprize.

Para peserta donor darah cukup beragam. Mulai dari kepala desa, perangkat desa, kader desa, guru, ibu rumah tangga, mahasiswa, pekerja, petani, dan lain sebagainya. Mereka berasal dari beragam profesi, usia, pria maupun wanita turut serta sebagai pendonor darah. Bukan hanya warga Desa Gintung saja yang mengikuti aksi donor darah sukarela ini. Ada yang baru sekali mengikuti dan cukup banyak yang sudah mengikuti beberapa kali. Alasannya selain faktor kemanusiaan juga ingin mendapatkan manfaat kesehatan dengan donor darah.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan donor darah ini dibantu oleh elemen-elemen perangkat desa dan kader-kader desa seperti Kepala Desa, Tim Penggerak PKK, dan Koordinator DDS serta dukungan aktif dari masyarakat. Sehingga kegiatan DDS ini dapat berlangsung dengan lancar, nyaman, dan aman.

 

Armada Donor Darah Sukarela Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pemalang mendatangi Balai Desa Gintung pada Sabtu pagi, 05 Agustus 2017 dengan Surat Pemberitahuan sebelumnya kepada Kepala Desa Gintung.

 

Perwakilan PMI Cabang Kabupaten Pemalang, Bapak Sofa, sedang mendata calon pendonor darah dengan pembawaannya yang ramah dan bersahaja.

 

Sebelum diambil darahnya, calon pendonor darah perlu diperiksa berat badan, tensi darah, dan golongan darah.

 

Salah seorang pendonor darah ini dari perangkat desa bagian Kaur Umum, Ibu Kristiyani, mengaku sudah belasan kali ikutserta di dalam kegiatan DDS ini.

 

PMI menyediakan konsumsi serta kupon doorprize kepada pendonor darah. Juga suvenir berupa kaos PMI kepada pendonor darah yang telah 10 kali mendonorkan darahnya.

 

Slogan PMI (Palang Merah Indonesia): Setetes Darah Anda, Nyawa Bagi Sesama

 
 

Redaksi : 060817/GTG-CML/01

Optimisme hadir untuk #DanaDesaAtasiKetimpangan. Yang tidak kalah penting adalah partisipasi masyarakat dan seluruh pihak untuk mengawal #DanaDesa

Tinggalkan Balasan