HUT Pramuka Ke-56 Tahun 2017 Daspeng III, IV, dan V Kwartir Ranting 02 Comal

Ratusan anggota Pramuka Penggalang tingkat SD pada Jumat pagi, 11 Agustus 2017 mulai berdatangan dari seantero Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang ke Lapangan Desa Gintung. Mereka berasal dari Gugus Depan tingkat SD se Kecamatan Comal (se Daspeng III, IV, dan V). Yaitu dari 17 Desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Comal. Mulai dari tanggal 11 hingga 12 Agustus 2017 ini di Lapangan Desa Gintung, Kwartir Ranting 02 Comal menyelenggarakan HUT Pramuka Ke-56 Tahun 2017. Acara ini akan diisi dengan bermacam kegiatan dan lomba seperti lomba pioneering (perlombaan membuat hasta karya berbahan dasar tongkat dan tali Pramuka), lomba pasukan baris-berbaris, pentas seni, kegiatan kerohanian, cerdas cermat, hiking, kerapihan tenda dan serta kegiatan lain diantaranya kegiatan lintas alam menyusuri lingkungan pedesaan dengan menggunakan tanda-tanda jejak.

Di dalam Struktur Organisasi Pramuka, Gugus Depan (Gudep) adalah pangkalan peserta didik yang merupakan wadah pendidikan dalam organisasi Gerakan Pramuka. Dalam hal ini Gudep mewakili SD masing-masing seperti Gudep SDN 01 Gintung. Masing-masing Gudep memiliki dua Saka (Satuan Karya Pramuka) yaitu Saka Putra (disingkat Saka Pa) dan Saka Putri (Saka Pi). Merekalah yang menjadi regu putra dan putri dari masing-masing Gudep dalam perlombaan pramuka ini yang tujuannya antara lain untuk mengetahui tingkat penyerapan ilmu yang sudah diajarkan dan dibina selama ini di masing-masing Gugus Depan dan untuk mendapatkan Gugus Depan yang terbaik di Kwarran Comal yang nantinya bisa menjadi perwakilan Kwarran Comal di tingkat Kwarcab.

Untuk menambah semarak HUT Pramuka Ke-56 Kwarran 02 Comal ini juga diadakan lomba pentas seni. Masing-masing Gudep memberikan pertunjukan yang terbaik dan pentas yang dibawakan cukup beragam mulai dari seni tari, seni deklamasi, menyanyi, monolog, drama, dan lain sebagainya. Kesenian yang dipentaskan juga bukan hanya dari Jawa Tengah tetapi juga dari daerah lain seperti tarian Bungong Jeumpa, Manuk Dadali, Apuse. Serta kesenian modern seperti dance dengan iringan lagu “Kun Anta” dan lagu barat. Lagu “Kun Anta” yang dibawakan oleh Humood Othman AlKhudher, seorang penyanyi asal Kuwait, beberapa kali dipentaskan dalam lomba pentas seni ini. Yang cukup unik dari yang lainnya adalah pentas monolog yang menceritakan Kabupaten Pemalang dan dialeknya. Juga ditirukan dialek Pemalang yang cukup kental yang berbeda dari dialek yang digunakan oleh warga asli Comal.

Dalam penyelenggaraannya, masyarakat Desa Gintung cukup berperan aktif baik warga biasa ataupun warga dari Organisasi Desa. Warga membukakan pintu rumahnya bagi siswa-siswi pramuka yang ingin melakukan MCK. Pemuda dari Karang Taruna Desa Gintung cukup aktif melakukan pengaturan lalulintas, parkir serta menjaga keamanan dan ketertiban. Untuk fasilitas kesehatan juga telah disiagakan UPT Puskesmas Sarwodadi yang berjarak tidak jauh dari lokasi Buper (Bumi Perkemahan). Sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik.

Berikut adalah Daftar Hasil Kejuaraan Lomba Pramuka Penggalang Tingkat SD/MI se Daspeng III, IV, dan V Kwartir Ranting 02 Comal:

Kejuaraan Putra
Regu Tergiat 1 Pa : SDN 01 Gintung
Regu Tergiat 2 Pa : SDN 01 Sarwodadi
Regu Tergiat 3 Pa : SDN 02 Sidorejo
 
Regu Tergiat Harapan 1 Pa : SDN 01 Sidorejo
Regu Tergiat Harapan 2 Pa : SDN 01 Kandang
Regu Tergiat Harapan 3 Pa : SDN 04 Susukan
Kejuaraan Putri
Regu Tergiat 1 Pi : SDN 04 Susukan
Regu Tergiat 2 Pi : SDN 02 Sidorejo
Regu Tergiat 3 Pi : SDN 01 Sidorejo
 
Regu Tergiat Harapan 1 Pi : SDN 01 Sarwodadi
Regu Tergiat Harapan 2 Pi : SDN 02 Gedeg
Regu Tergiat Harapan 3 Pi : SDN 01 Gedeg
Kejuaraan Pentas Seni
Juara 1 : SDN 02 Wonokromo
Juara 2 : SDN 04 Wonokromo
Juara 3 : SDN 02 Sidorejo

 

Suasana Bumi Perkemahan Pramuka Penggalang Daspeng III, IV, dan V Kwarran 02 Comal di Lapangan Desa Gintung pada malam hari.

 

Gudep SDN 01 Gintung cukup bersemangat mengikuti perkemahan dan lomba pramuka ini walau sudah seharian mengerahkan kemampuan dan keahlian yang sudah diajarkan oleh para pembina.

 

Upacara Penutupan yang dilaksanakan pada Sabtu pagi ini dengan Komando Upacara, Dimas, siswa dari SDN 02 Sidorejo dan Pemimpin Upacara, Drs. H. Dullah, M.H. yang tampak sedang memberikan pesan-pesannya kepada para anggota pramuka.

 

Suasana Upacara Penutupan HUT Pramuka Ke-56 Kwarran 02 Comal di Lapangan Desa Gintung.

 

Pemberian Piala dan Penghargaan kepada Regu Tergiat I, II, dan III Putra dan Putri.

 

Foto bersama Panitia dan Juara Regu Tergiat I, II, dan III Putra dan Putri.

 

Gudep SDN 01 Gintung meraih Juara I Regu Tergiat Putra.

 

Piala Juara I Regu Tergiat

 

Ucapan terima kasih kepada:

  1. Panitia HUT Pramuka Ke-56 Kwarran 02 Comal
  2. Bapak Harsiswanto, S.Pd., Bapak Tasuri, S.Pd., dan Bapak Sukarman, S.Pd.
  3. Segenap Pembina dan Anggota Pramuka peserta HUT Pramuka Ke-56 Kwarran 02 Comal

Redaksi ini masih dalam penyuntingan. Dan, bagi yang menginginkan foto-foto diatas dan yang lainnya dapat menghubungi KPMD IT Desa Gintung.

 

Redaksi : 120817/GTG-CML/01

Tinggalkan Balasan